RSS

AJANG NGUMPUL PIK REMAJA NASIONAL DI BANDUNG

Ajang Ngumpul Pusat Informasi Dan Konseling (PIK) REMAJA yang dilaksanakan Oleh BKKBN Pusat Jakarta Kerjasama dengan BKKBN Provinsi Jawa Barat dan Berbagai PIK Remaja di Bandung. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 5 - 8 Desembar 2009 di Lembang, Bandung. Adapun Tujuan Kegiatan ini adalah untuk menjaling silahturahmi dan keakraban para remaja di seluruh tanah air. Ini adalah kegiatan tingkat nasional yang ketiga kalinya saya ikuti selama saya menjadi kordinator di PIK KRM HEART FKM UNHAS. Menurut saya kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat bagi peningkatan pengetahuan dan pemahaman Remaja tentang Kesehatan Reproduksi Remaja, HIV/AIDS dan NAPZA Serta Pendewasaan Usia Pernikahan. Kegiatan yang dirangkaikan dengan Lomba Cerdas Ceria ini di Ikuti oleh seluruh Provinsi di Indonesia. Adapun rangkaian kegiatan lainnya yaitu lomba kesenian dan membuat yel-yel dengan slogan-slogan bertema remaja dan keluarga berencana.

PIK Remaja adalah kelompok siswa-siswi yang memiliki berbagai program kerja terkait dengan permasalahan kesehatan reproduksi. Termasuk salah satunya adalah sebagai sumber informasi dan konseling kesehatan reproduksi remaja. Bentuk-bentuk kegiatannya pun berbeda-beda sesuai dengan sumber daya yang ada. Pengadaan media KIE (Komunikasi, informasi, dan Edukasi) juga menjadi sumber daya dalam melaksanakan berbagai kegiatan.

PIK Remaja ini merupakan binaan oleh BKKBN tiap-tiap provinsi di Indonesia dan tahun 2010 ini BKKBN mengembangkan PIK Mahasiswa untuk para remaja Mahasiswa. Kegiatanya pun tidak jauh beda dengan PIK remaja. Namun pelaksanya saja terdiri dari berbagai mahasiswa berbagai universitas. Salah satu PIK Mahasiswa yang saat ini berjalan di Kota Makassar Sulawesi Selatan yaitu PIK KRM HEART UNHAS yang didirikan di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin. Adapun info lebih lanjut mengenai PIK KRM HEART UNHAS dapat di lihat di blog HEART (http://heart-unhas.blogspot.com) atau Via Facebook dan email: heartunhas@gmail.com

0 komentar: