RSS

BIASAKAN CUCI TANGAN PAKAI SABUN...!

"Adek-adek...! Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun ya...!" Itulah sepenggal kalimat yang sering terucap oleh bibir di akhir-akhir ini. Serasa kembali ke suasana Praktek Belajar Lapanagan (PBL) sewaktu masih kuliah. Suasana Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga terbayang-bayang. Mengubah perilaku merupakan sesuatu kegiatan yang sangat luar biasa. Butuh waktu dan kesabaran untuk mewujudkannya. Tapi itulah yang menjadi tujuan dari Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat atau yang biasa disebut PN PAMSIMAS.
Terlibat dalam program ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Mendidik anak-anak sekolah dasar untuk memulai hidup bersih dan sehat merupakan pekerjaan yang sangat mulia. Membiasakan diri Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sejak dini merupakan aset yang utama untuk hidup bersih dan sehat dimasa sekarang dan yang akan datang. 

Tujuan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasi Masyarakat (PAMSIMAS) ini adalah meningkatka status kesehatan melalui penyediaan air minum dan sanitasi. Tentunya peran serta masyarakat sangatlah berarti dalam rangka mewujudkan program ini dimana swadaya masyarakat adalah suatu aset keberhasilan. Dari sisi kesehatan sendiri, perubahan perilaku adalah nilai jual yang menentukan program ini sukses. Diamana Masyarakat akan diarahkan ke perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)

 

0 komentar: